Dicegat Polantas Malah Dapat Helm, Anggik Kaget

KEDIRI Wajah Anggik Pratama terlihat pucat pasi saat laju kendaraan yang ditumpanginya dihentikan oleh beberapa personil polisi lalu lintas yang sedang menggelar razia kendaraan di halaman Mapolsek Kediri Kota, Jawa Timur, Hal itu terjadi karena pelajar sebuah SMA itu kedapatan tidak mengenakan helm saat berkendara.

Alih-alih mendapat surat tilang, pelajar bertubuh kurus itu malah mendapatkan helm secara gratis oleh personil polantas yang mencegatnya. Anggik semakin kaget dan masih belum menyadari kondisi hingga polantas tersebut menjelaskan bahwa razia tersebut dalam operasi simpatik.

” Wah, tadi terlanjur takut ditilang,” kata Anggik sambil tersenyum gembira lalu meninggalkan lokasi.

Berbeda dengan Anggik, Ani, pengendara motor lainnya, malah meminta tambahan helm kepada polisi. Saat itu, perempuan muda itu sedang dibonceng rekannya dan kedapatan tidak mengenakan helm sehingga dihentikan petugas. Dia pun tidak ditilang dan hanya mendapatkan peringatan biasa untuk tidak mengulangi perbuatannya.

” Bisa minta helm-nya lagi, pak?,” pintanya, lalu disambut ketawa oleh para polantas.

Razia tersebut memang bukan dititikberatkan pada penindakan namun lebih pada pendekatan persuasif berupa sosialisasi pentingnya menjaga ketertiban dan kelengkapan surat kendaraan demi keamanan berkendara karena sedang berlangsung operasi simpatik. Para pelanggar hanya dikenai nasehat agar kesalahannya tidak terulang kembali.

” Selain kita bagikan helm, kita juga kasih bunga untuk pengendara yang sudah tertib,” kata Iptu Dian Kaur Regident Polres Kediri Kota.

Operasi simpatik itu sendiri, lanjut dia, akan berlangsung selama dua puluh satu hari yaitu mulai tanggal 1 hingga 21 April nanti.

Posted in Berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *